Struktur Modal WSBP Menguat 68% Sepanjang 2023

Struktur Modal WSBP Menguat 68% Sepanjang 2023

Ilustrasi

Jakarta (ANTARA) - PT Waskita Beton Precast Tbk (ticker code: WSBP) mencatatkan penguatan struktur modal pada akhir tahun 2023 yang ditandai dengan penguatan ekuitas (defisiensi modal) sebesar 68% dibandingkan tahun 2022.

Penguatan struktur modal ini sejalan dengan program peningkatan kinerja dan kondisi keuangan paska restrukturisasi, ujar Fandy Dewanto, Vice President of Corporate Secretary WSBP.

Posisi ekuitas WSBP menguat didorong oleh beberapa faktor, yaitu WSBP berhasil mencatatkan Laba Bersih selama dua tahun berturut-turut dan pelaksanaan aksi korporasi Penambahan Modal Tanpa Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMTHMETD).

Paska Resturkturisasi WSBP mencatatkan Laba Bersih selama dua tahun berturut-turut yaitu Rp675,77 miliar pada tahun 2022 dan Rp6,30 miliar sepanjang tahun 2023. Capaian Laba Bersih tersebut berkontribusi positif pada perbaikan posisi ekuitas. WSBP berkomitmen meningkatkan kinerja operasional dalam rangka mempertahankan tingkat profitabilitas melalui memperluas penjualan ke pasar eksternal dengan memperhatikan pendanaan yang sehat.

WSBP telah menjalankan aksi korporasi PMTHMETD pada 4 Agustus 2023 yang lalu melalui penerbitan saham seri C sebanyak 28.194.563.791 dengan total nilai Rp1,43 triliun. PMTHMETD ini berdampak pada peningkatan modal ditempatkan dan disetor penuh dari semula Rp2,64 triliun menjadi Rp4,04 triliun. Pelaksanaan aksi korporasi ini merupakan implementasi salah satu kesepakatan dalam Perjanjian Perdamaian yang disepakati dengan para kreditur pada 2022 lalu.

Per 31 Desember 2023, WSBP juga mencatatkan peningkatan current rasio menjadi 0,64 kali dibandingkan 0,34 kali pada periode yang sama tahun 2022. Hal ini menunjukkan perbaikan kemampuan WSBP dalam memenuhi kewajiban jangka pendek Perusahaan.

Ke depannya, WSBP akan menjalankan transformasi bisnis sebagai langkah untuk memperbaiki likuiditas Perusahaan demi meningkatkan nilai pemegang saham, lanjut Fandy. Dalam menjalankan bisnisnya, WSBP berkomitmen untuk selalu menerapkan Tata Kelola Perusahaan dan Manajemen Risiko yang Baik.
Pewarta :
Editor : PR Wire
COPYRIGHT © ANTARA 2024