Jumat, 24 Maret 2017

BSI UINAM Integrasikan Sastra Islam Lewat Pameran

id uin alauddin, sastra islam
"Kegiatan ini juga meruapakan mata kuliah yang dirangkaikan dengan pementasan...
Makassar (Antara Sulbar) - Mahasiswa angkatan 2014 jurusan Bahasa dan Sastra Inggris (BSI) Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) mengintegrasikan sastra dan Islam lewat ajang bertajuk English Literature Exhibition "Elexhibition " di Gedung Auditorium UIN Alauddin Makassar (UINAM), 11-12 Januari 2017.

Ketua Panitia, Nur Amjar di Makassar, Rabu, mengatakan dalam pementasan ini disuguhkan empat buah drama, delapan puisi, tiga film dan juga pertunjukan musik.

"Kegiatan ini juga meruapakan mata kuliah yang dirangkaikan dengan pementasan. Dari acara ini kami mengajak pemuda islam untuk mencintai karya-karya Islam," kata mahasiswa semester 5 BSI tersebut.

Ia menjelaskan, Kegiatan ini telah kali ke Sembilan dilaksanakan dan merupakan agenda tahunan dari mahasiswa jurusan BSI. Adapun anggaran yang dihabiskan untuk menampilkan beragai pertunjukan sastra Islam inu mencapai Rp30 juta.

Khusus untuk kegiatan pemutaran film yang diperankan para mahasiswa BSI UINAM itu, kata dia, memang disiapkan sebanyak tiga film masing masing dengan judul The Fall of The Imam, Cheng Ho The Admiral of The Great Wall dan Uhibbuka Fillah.

Tiga film itu akan diputar selama dua hari pelaksanaan dimana untuk hari pertama ini menampilkan film The Fall of The Imam dan Cheng Ho �The Admiral of The Great Wall�. Sementara pada hari kedua akan diputar Uhibbuka Fillah.

Ketua Dewan Mahasiswa (Dema) FAH, Aska Nur dalam acara pembukaan menyampaikan bahwa mahasiswa BSI menunjukkan kemampuan dalam berbahasa dan bersastra.

"Dari ajang ini mereka mengeksplorasi diri dalam pementasan. Kegiatan ini sebagai bukti kemampuan sastra mahasiswa BSI UIN Alauddin Makassar," ujarnya.

Mengusung tema Islamorphosa, kegiatan ini bertujuan untuk mengkaji nilai-nilai islam ke dalam pementasan dan juga mengapresiasi islam melalui sastra.

Dosen Pembimbing dalam kegiatan tersebut, Syahruni Junaid SS Mpd mengatakan bahwa dari pementasan ini dapat mewujudkan konsep integrasi yang juga visi misi dari UIN Alauddin Makassar. Aplikasi para mahasiswa dari kisah-kisah yang ditulis dan dapat mengakji nilai-nilai islam di dunia.

Wakil Dekan Bidang Akademik FAH, Dr Abdul Rahman MAg turut pula memberikan apresiasi yang tinggi untuk kegiatan tersebut.

Editor: Daniel

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga