Selasa, 17 Oktober 2017

Mendikbud dorong gerakan sekolah menyenangkan

id menteri pendidikan dan kebudayaan anies baswedan, igi sulsel, uin alauddin
Mendikbud dorong gerakan sekolah menyenangkan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan (ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf)
"Sekolah harus menjadi tepat yang membuat siswa betah belajar...
Makassar (ANTARA Sulsel) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mendorong Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang diharapkan diterapkan di setiap sekolah mulai tahun ini.

"Sekolah harus menjadi tepat yang membuat siswa betah belajar dan berinteraksi di lingkungan sekolah," kata Anies di sela-sela kehadirannya di Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Samata, Kabupaten Gowa, Sulsel, Minggu.

Kehadiran Anies di Kota Makassar dan Kabupaten Gowa, adalah dalam rangka menjaring permasalahan dan menampung aspirasi sektor pendidikan yang difasilitasi oleh Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulsel.

Selain menghadiri "special motivation" di UIN Alauddin, Samata, Kabupaten Gowa, juga menghadiri sambung rasa dengan para guru di Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi, Informasi dan Bidang Komunikasi (LP3TK - BKPTIK) di Desa Paccelekkang, Kabupaten Gowa, Sulsel.

Menurut Anies, sekolah harus menjadi tempat menyenangkan seperti harapan tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara yang mendirikan sekolah dengan nama "Taman Siswa".

Hal itulah yang menginspirasi Mendikbud mendorong Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM).

"Mari kita menjadi guru yang menyenangkan, pendidik yang menyenangkan itu yang pertama," katanya.

Kemudian kedua, lanjut dia, membangun suasana belajar yang menyenangkan dan ketiga, membangun dan mendidik anak-anak memiliki integritas.

Kegiatan yang dilaksanakan di UIN Alauddin diikuti sekitar 1.500 orang siswa dan mahasiswa. Hal serupa juga digelar LP3TK BKPTIK yang dihadiri sekitar 1.357 orang guru dan kepala sekolah.

Pada kesempatan tersebut Kepala LP3TK Dr Rusdi dan Bupati Gowa H Ihsan Yasin Limpo juga tampil memberikan arahan awal sebelum Mendikbud memberikan motivasi, arahan dan solusi.

COPYRIGHT © ANTARA 2015

Baca Juga